TUGAS AKHIR

Sebelum pelaksanaan tugas akhir, mahasiswa diwajibkan untuk mengambil seminar proposal tugas akhir (1 sks) yang terdapat pada semester VII dan telah melaksanakan seminar proposal tugas akhir dan telah dinyatakan lulus. Prosedur pelaksanaan seminar proposal tugas akhir diatur pada Buku Panduan Seminar Poposal Tugas Akhir Prodi Teknik Mesin Unidha Tahun 2018.

Prosedur pelaksanan seminar proposal tugas akhir (1 SKS)

Prosedur pelaksanaan seminar proposal tugas akhir dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut:

  1. Sebelum perkuliahan dimulai mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan melakukan koordinasi dengan dosen perwalian akademik (PA) untuk mengisi Kartu Rencana Studi (KRS) dengan mengajukan matakuliah seminar proposal (1 SKS). Dosen pembimbing akademik akan mempertimbangkan dan memberi masukan kepada mahasiswa terkait dengan tugas akhir.
  2. Pada awal semester, program studi melalui koordinator akademik dan dosen-dosen bidang keahlian menyelenggarakan kuliah pembekalan pada minggu 1, 2 dan 3. Kuliah pembekalan dilaksanakan dalam rangka sosialisasi dan penjelasna prosedur pelaksanaan porposal tugas akhir, seminar proposal tugas akhir, pelaksanaan tugas akhirdan seminar hasil tugas akhir.
  3. Koordinator akademik mengumumkan daftar dosen beserta kuota bimbingan yang masih tersedia dari masing-masing dosen bidang keahlian kepada mahasiswa.
  4. Mahasiswa memilih dan memutuskan pilihan calon dosen pembimbing seminar proposal tugas akhir sesuai dengan bidang keahlian dosen dan minat bidang keahlian tugas akhir yang akan dipilih oleh mahasiswa tersebut. Mahasiswa menghubungi dosen calon pembimbing seminar proposal yang kuotanya masih tersedia dan diminati untuk melakukan diskusi terkait minat dan topik tugas akhir yang diminati serta meminta kesediaan menjadi pembimbing seminar proposal tugas akhir. Tema tugas akhir yang akan diambil mahasiswa dapat berasal dari usalan topik yang diusulkan oleh mahasiswa itu sendiri maupun topik yang berasal dari colon dosen pembimbing yang sesuai dengan kompetensi calon dosen pembimbing.
  5. Mahasiswa yang sudah mendapat persetujuan dari calon dosen pembimbing melakukan pendaftaran ke prodi teknik mesin. Koordinator akademik merekap pendaftaran dan memeriksa ketersedian kuota dosen pembimbing, telah memenuhi persyaratan pengambilan seminar proposal tugas akhir, dan telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan pada buku panduan seminar proposal tugas akhir. Persyaratan tersebut antara lain adalah mahasiswa telah lulus minimal 110 SKS dengan rincian lulus semua mata kuliah semester 1 dan 2 tanpa nilai D serta pernah mengambil semua kuliah di semester 3 hingga semester 6.
  6. Koordinator akademik akan mengumumkan hasil evaluasi proses pendaftaran seminar proposal tugas akhir.
  7. Mahasiswa melaksanakan proses bimbingan proposal tugas akhir dengan dosen pembimbing yang telah ditetapkan. Proses bimbingan meliputi pembahasan topik tugas akhir, penjadwalan pelaksanan bimbingan proposal tugas akhir, pembuatan proposal tugas akhir, dan topik lain terkait proposal tugas akhir.
  8. Mahasiswa yang telah meneyelesaikan proses bimbingna proposal tugas akhir dan telah dinyatakan layak untuk maju pada seminar proposal tugas akhir oleh dosen pembimbing akademik melakukan pendaftaran seminar proposal kepada koordinator akademik dengan melampirkan proposal tugas akhir yang telah di setujui dan di tanda tangani oleh dosen pembimbing seminar proposal tugas akhir.
  9. Koordinator akademik melakukan evaluasi dan mengumumkan daftar nama dosen-dosen penguji seminar proposal tugas akhir beserta jadwal pelaksanaan seminar proposal tugas akhir.
  10. Pelaksanan seminar proposal tugas akhir dilakukan oleh mahasiswa dengan mempresentasikan propsal tugas akhir yang telah dibuat dan disetujui oleh pembimbing. Dosen penguji melakukan proses evaluasi dan diskusi terkait dengan proposal tugas akhir dengan mahasiswa serta memberikan masukan terkait proposal tugas akhir yang telah di presentasikan. Dosen penguji memberikan penilaian terhadap propsal tugas akhir.
  11. Jika proposal tugas akhir yang telah dipresentasikan dinyatakan layak, maka program studi akan mengumumkan nilai seminar proposal tugas akhir dan mahasiswa yang bersangkutan dinyatakan berhak untuk melanjutkan ke tahap pelaksanaan tugas akhir.
  12. Setelah pelaksanan seminar, masing-masing dosen penguji mengumpulkan nilai seminar propsal tugas akhir yang telah dinilai kepada koordinator akademik untuk selanjutnya diinputkan kedalam sistem informasi akademik.

Pelaksanaan tugas akhir.

Bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada seminar proposal tugas akhir (1 SKS), maka mahasiswa tersebut dapat melaksanakan tugas akhir dengan tahapan sebagai berikut: