TENTANG PRODI TEKNIK MESIN

Program Studi Teknik Mesin didirikan tahun 2014 melalui SK Dirjen DIKTI No. 254/E/O/2014 tanggal 18 Juli 2014 yang dipimpin Koordinator Program Studi. Program Studi Teknik Mesin telah melakukan revisi dan menetapkan visi misi hingga tahun 2025. Langkah-langkah yang dilakukan dalam mewujudkan visi dan misi tersebut dituangkan dalam bentuk rencana strategis program studi Teknik Mesin Unidha tahun 2017-2025.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, Program Studi Teknik Mesin didukung 6 orang staf dosen tetap dan 4 orang dosen tetap universitas. Program Studi Teknik Mesin telah dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai berupa 3 unit laboratorium, ruang untuk masing-masing dosen yang disediakan 1 meja dan 1 kursi, ruang administrasi, dan ruang perpustakaan. Selain itu, untuk mendukung aktivitas pembelajaran dan penelitian juga sudah tersedia jaringan internet yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika Program Studi Teknik Mesin Universitas Dharma Andalas secara gratis di area kampus Universitas Dharma Andalas.

Program Studi Teknik Mesin telah menghasilkan berbagai prestasi baik oleh dosen dan mahasiswa. Prestasi yang pernah diraih mahasiswa diantaranya Program Hibah Bina Desa (PHBD) tahun 2018, Juara Harapan III dan V Entrepreneurship Award Kopertis Wilayah X tahun 2018, finalis Lomba Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang diselenggarakan KemenristekDikti tahun 2018. Dalam tiga tahun terakhir, dosen telah melakukan 6 penelitian dan 6 pengabdian, dengan jumlah publikasi artikel 13 penelitian di jurnal/prosiding nasional dan 6 pengabdian. Di samping itu, staf dosen juga aktif untuk mendapatkan berbagai hibah penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk tiga tahun terakhir, diperoleh hibah dari KemenristekDikti lewat hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) sebesar Rp 18,45 juta dan Program Hibah Bina Desa (PHBD) sebesar Rp 35 juta.