MAHASISWA TEKNIK MESIN UNIDHA BANTU MASYARAKAT PANTAI AIR MANIS MELALUI PROGRAM HIBAH BINA DESA RISTEKDIKTI 2018

Tim Hibah Bina Desa Program Studi Teknik Mesin Universitas Dharma Andalas berhasil melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat di keluarahan Air Panis Kota Padang. Kegiatan ini diselenggarakan sejak bulan April hingga Desember 2018 yang merupakan bentuk rangkain kegiatan yang menitik beratkan kepada pemecahan permasalahan sampah dan lingkungan di kawasan wisata pantai Air Manis. 

Kegiatan ini di danai oleh Ristek Dikti tahun anggaran 2018. Alhamdulillah Tim Program Hibah Bina Desa (PHBD) UNIDHA ini, mampu bersaing dengan berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia dan berhasil menjadi salah satu dari 75 proposal yang didanai oleh kemenristek dikti. Tim PHBD prodi Teknik Mesin UNIDHA berhasil memperoleh dana Hibah sebesar 35 Juta Rupiah yang digunakan untuk operasional dan pembuatan teknologi tepat guna dalam pengolahan sampah organik dan anorganik.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, tim PHBD prodi Teknik Mesin UNIDHA berhasil menciptakan beberapa teknologi pengolahan sampah seperti tungku pengecoran logam untuk kaleng bekas minuman, biokomposter, dan hidroponik. selain itu mahasiswa juga melakukan pendampingan berupa opreasional alat dan pembentukan organiasi bank sampah dan pengolahan sampah plastik menjadi produk kreatif.