KOMPETENSI

Mata kuliah pilihan dirancang untuk memenuhi beberapa kompetensi yang kurang terpenuhi dalam isian materi mata kuliah wajib, memenuhi visi misi program studi yang berciri khas dan untuk menjawab tantangan masa depan di era revolusi industri 4.0. Oleh sebab itu, diusulkan beberapa mata kuliah pilihan berbasis kompetensi, yaitu:

1. Pilihan Kompetensi Komunikasi

Lulusan diharapkan mampu berkomunikasi dan menyampaikan ide dan pendapat dengan baik, baik secara grafis, lisan maupun tulisan. Termasuk didalamnya penguasaan bahasa asing.

 

2. Pilihan Kompetensi Kewirausahaan

Lulusan diharapkan mempunyai kemampuan mengembangkan diri dalam kewirausahaan, baik dalam bentuk entrepreneurship dan intrapreneurshipEntrepreneurship lebih banyak pada penekanan pada pengembangan usaha sendiri, sedangkan intrapreneurship lebih pada penekanan dalam kemampuan menerapkan semangat berusaha secara profesional dan pengembangan diri ketika berada dalam suatu instansi profesi, perusahaan swasta dan pemerintah. Kompetensi ini berhubungan dengan mata kuliah yang mengembangkan kemampuan kewirausahaan, kemampuan manajerial, pengelolaan organisasi dan usaha, dan sebagainya.

3. Pilihan Kompetensi teknologi baru, energi dan ekologi

Lulusan diharapkan dapat mengikuti beberapa perkembangan teknologi terbaru di bidang teknik mesin, memahami salah satu diantaranya dan untuk menjawab tantangan di era revolusi industry 4.0. Mata kuliah untuk kompetensi ini berupa pengenalan terhadap trend teknologi keteknikmesinan sedang berkembang di dunia saat ini, termasuk di dalamnya pembahasan tentang energi terbarukan, ekologi dan dampak teknologi terhadap lingkungan. Mata kuliah dalam kompetensi ini juga dapat membahas perkembangan teknologi baru di berbagai bidang keteknikmesinan yang sudah ada seperti otomotif, material, dan sistem manufaktur. Mata kuliah yang berkaitan dengan kompetensi energi dan ekologi akan membahas masalah teknologi dan pengelolaan sumber energi baru, konservasi energi dan lingkungan serta pengendalian dampak teknologi terutama di bidang teknik mesin terhadap lingkungan.

4. Pilihan Keterampilan Teknik

Lulusan diharapkan dapat memahami salah satu bidang keterampilan teknik di bidang keteknikmesinan, seperti teknik pengelasan, teknik pemipaan, dsb.

5. Pilihan kompetensi penggunaan perangkat kerekayasaan

Contrary to popular belief, Lorem Ipsum is not simply random text. It has roots in a piece of classical Latin literature from 45 BC, making it over 2000 years old. Richard McClintock, a Latin professor at Hampden-Sydney College in Virginia, looked up one of the more obscure Latin words, consectetur