HIMPUNAN MAHASISWA MESIN (HMM)

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Dharma Andalas adalah sebuah wadah organisasi mahasiswa dibawah Jurusan Teknik Mesin Universitas Dharma Andalas yang bertujuan sebagai sarana untuk mengembangkan minat, bakat, dan kreatifitas mahasiswa secara umum dan di bidang teknik mesin secara khususnya.

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Dharma Andalas berdiri pada tanggal 18 Oktober 2015. Periode Kepengurusan pertama (2015 – 2016) diketuai oleh Wirda Roma Doni (Angkatan 2015). dan periode kepengurusan ke dua (2016-2018) diketuai oleh Fakhrul Zikri (angkatan 2015). Sedangkan periode ke tiga (2018-2019) diketuai oleh Muhammad Ridho (Angkatan 2016).

Semenjak berdirinya, Himpunan Mahaiswa Mesin (HMM) telah melakukan berbagai kegiatan dalam pengembangan minat, bakat, dan kreatifitas mahasiswa teknik mesin, baik berupa pengembangan softskill anggota di bidang organisasi, kepemimpinan, komunikasi, dan peningkatan wawasan dan pengetahuan di bidang teknik mesin. Selain itu juga dilakukan kegiatan tahunan berupa :

  1. Maintanance Days (servis motor gratis, seminar dan workshop)
  2. Pelatihan-pelatihan peningkatan softskill seperti pelatihan AutoCad, Pelatihan CNC Mini Routers, dan lain-lain.
  3. Pembinaan anggota himpunan mahasiswa teknik mesin.
  4. Malam keakraban mahaisswa Teknik Mesin

Selain itu, Himpunan Mahasiswa mesin juga aktif mengikuti berbagai perlombaan dan telah menghasilkan berbagai presetasi baik ditingkat nasional maupun di tingkat regional, seperti :

  1. Program Hibah Bina Desa (PHBD) dari Kemenristek Dikti Tahun 2018, Himpunan mahasiswa mesin berhasil menyisihkan lebih dari 2671 proposal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, dan berhasil memperoleh Dana hibah sebesar Rp. 35.000.000,- dari Kemenristek dikti.
  2. Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) yang diadalakan oleh Kemenristek Dikti, HMM UNIDHA berhasil hingga ke tahap Final dan mampu menyisihkan berbagai perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. HMM Unidha melalui tim Kapamenan berhasil menciptakan mobil hemat energi dengan pencapaian 71 km/liter.
  3. Enterpreneurship Award II Kopertis Wilayah X tahun 2018. Tim HMM Unidha berhasil merebut Juara Harapan 3 dan harapan 5 yang menyisihkan lebih dari 200 proposal yang dikirim oleh berbagai perguruan tinggi swasta di wilayah kopertis X (Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Riau Kepulauan.

Dibawah Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Unidha berdiri berbagai Klub yang berfungsi untuk mengembangkan softskill mahasiswa dibidang Teknik Mesin seperti:

  1. Klub Mobil Hemat Energi
  2. Klub Robotik
  3. Klub Manufaktur

Berikut struktur kepengurusan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Program Studi Teknik Mesin Universitas Dharma Andalas.